Pages

Saturday 5 July 2014

Web Developer dan Web Designer, apakah itu?

Inilah posting pertama saya, setelah mempelajari mengenai web developer dan web designer, akhirnya saya tau juga perbedaannya dan lingkup kerjanya. Antara keduanya memiliki bidang masing masing dalam pembuatan web. Berikut penjelasannya.


1. Web developer adalah seorang pengembang web yang bergerak di bagian pemrograman aplikasi berbasis web, yaitu pemanggilan dan pengolahan database, membuat tampilan website yang dinamis, memberi fasilitas penghubung antara user dan admin maupun sesama user (seperti chatroom), dll. Web developer setidaknya terbiasa dengan bahasa pemrograman baik di sisi server (server-side scripting) maupun di sisi client (client-side scripting).
Bagi web developer, biasanya segi tampilan web tidak begitu mereka unggulkan atau tonjolkan. Dalam sebuah tim pembuatan website, web developer hanya membuat web statis yang telah dibuat oleh web designer kemudian dibuat menjadi web dinamis yang terhubung dengan database.

2. Web designer adalah seorang yang ahli dalam segi desain atau tampilan dalam sebuah website. Biasanya yang dibuat oleh web designer adalah web statis yang menonjolkan tampilan atau unsur visual. Web designer akan melengkapi website agar lebih menarik dengan kreasi gambar/ilustrasi, animasi, warna, dan juga typography. Untuk animasi bisa dengan flash ataupun manipulasi lewat CSS. Dan pastinya seorang web designer harus mempertimbangkan konten web agar lebih komunikatif dan interaktif.

Sekian posting saya mengenai web developer dan web designer, setidaknya saya dapat berbagi sedikit ilmu. Sekian :)

0 comments:

Post a Comment