Pages

Tuesday 5 August 2014

Tutorial PHP - Membuat Koneksi ke Database Mysql

Dalam tutorial kali ini saya anggap Anda sudah mengetahui Mysql dan database. Jika belum mungkin lain waktu saya posting tentang Mysql.. hehe.. Oke langsung saja kita bahas cara membuat koneksi ke database nya. Hal ini dibutuhkan untuk menghubungkan aplikasi atau web yang kita buat terkoneksi/terhubung dengan database, agar kita dapat melakukan CRUD (Create Read Update Delete) data melalui web.
Perlu diingat disini saya menggunakan aplikasi web server XAMPP yang didalamnya sudah terdapat Mysql.

Langsung saja saya kasih scriptnya.

<?php
$mysql_host="localhost"; /* $mysql_host boleh diganti */
$mysql_root="root"; /* $mysql_root boleh diganti */
$mysql_password=""; /* $mysql_password boleh diganti */
$dbnya="dbcoba"; /* $dbnya boleh diganti */

$koneksi=mysql_connect($mysql_host,$mysql_root,$mysql_password);
if(!$koneksi)
{print('Tidak terkoneksi dengan Mysql');}
mysql_select_db($dbnya) /* mysql_select_db tidak boleh diganti */
or die
('Database tidak ditemukan');
?>

Simpan script di atas sebagai koneksi.php atau terserah yang jelas berekstensi .php . Dan jangan lupa taruh di folder xampp/htdocs, dan untuk ngeceknya jangan di double click filenya. Buka browser, ketikkan alamat localhost/koneksi.php jika tidak ada bagian script yang error maka tampilan hanya putih bersih.

Selanjutnya saya akan jelaskan dari script di atas.

$mysql_host = "localhost";
$mysql_root = "root";
$mysql_password = "";

$mysql_host, $mysql_root, $mysql_password, $dbnya merupakan penamaan variable dan boleh diganti nama asalkan tidak sama dengan query dari Mysql, awal penamaan tidak boleh angka, angka tidak di awal, tanpa spasi. Diantara tanda petik yaitu localhost adalah host default jika Anda menggunakan Mysql dan jangan diganti. Kemudian root juga merupakan default user. Dan jika Anda belum pernah mengubah ubah apapun di passwordnya, maka secara default password kosong.

$dbnya = "dbcoba";

Variable $dbnya berisi nama database yang akan anda koneksikan ke web Anda.

Nah dalam kondisi IF pada script di atas, berarti jika variable $koneksi galal dieksekusi atau terjadi error akan muncul teks "Tidak terkoneksi dengan Mysql" pada layar. Kemudian mysql_select_db merupakan perintah untuk memanggil database. Berbeda dengan $dbnya yang hanya memasukkan nama database ke variable saja, bukan memanggil databasenya. Jika semua script sudah lengkap namun pada layar muncul teks "Database tidak ditemukan" berarti terjadi kesalahan. Mungkin saja nama database tidak sesuai, atau database memang tidak ada.

Cukup sekian posting saya mengenai tutorial PHP kali ini semoga bermanfaat untuk Anda :)

Jasa desain grafis jogja, desain grafis jogja, desain banner murah, desain kartu nama, desain poster, desain brosur murah
Jasa Desain Grafis Jogja, portfolio kunjungi https://www.instagram.com/alfaruqmedia/

0 comments:

Post a Comment