Pages

Monday 4 August 2014

Pengenalan PHP - PHP Hypertext Preprocessor

PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat disisipkan ke dalam HTML. Bahasa pemrograman PHP digunakan untuk membuat sebuah website dinamis, dan juga untuk membuat CMS (seperti: Wordpress, Prestashop, dll). Contoh untuk website dinamis misalnya portal berita, forum online, toko online, dll. Jadi PHP tersebut berfungsi untuk mengolah data dari sebuah database untuk kemudian ditampilkan ke halaman sebuah website. Sehingga isi halaman web akan terus berubah seiring perubahan data dalam database, inilah mengapa disebut website dinamis.


Nah sebelum lanjut terlalu jauh, PHP adalah akronim berulang dari PHP Hypertext Preprocessor. File PHP memiliki ekstensi .php. Dan untuk menjalankannya, kita membutuhkan web server. Karena PHP merupakan bahasa skrip server-side.

Kelebihan bahasa pemrograman PHP :

  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.


Cukup sekian dulu yaa posting saya kali ini. Semoga bermanfaat :) Teruslah belajar serta menambah ilmu walaupun sedikit demi sedikit.

0 comments:

Post a Comment