Pages

Wednesday 6 August 2014

Tutorial HTML - Pengenalan HTML

Kali ini saya ingin mengenalkan dasar dari desain web, yaitu bahasa HTML (Hypertext Markup Language). HTML merupakan standard internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Bahasa pemrograman ini digunakan sebagai dasar untuk menyusun sebuah halaman web, atau bahasa untuk membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada web browser.


Dalam bahasa HTML tidak memiliki perulangan(looping) seperti halnya bahasa pemrograman lain (PHP, Java). Kode-kode dibaca dari atas ke bawah per baris oleh browser. Penulisan kode nya pun tidak membedakan huruf besar dan kecil.

Penulisan Bahasa HTML

Pada bahasa HTML tiap kali akan membuat sebuah dokumen/halaman web selalu diawali dengan tag html pembuka dan diakhiri tag penutup seperti berikut ini.

<html>
     isi halaman
</html>

Kemudian didalamnya ada elemen-elemen utama yaitu HEAD dan BODY. Elemen HEAD diapit oleh tag <head></head> yang biasanya berisi judul/title dari dokumen HTML tersebut, yang disebut tag TITLE. Judul yang dituliskan pada tag TITLE yang akan menjadi judul halaman web yang muncul pada tab browser. Di dalam elemen HEAD juga diletakkan tag-tag untuk memberikan icon pada tab browser, tag untuk memanggil file CSS, file Jquery dan masih banyak lagi. Berikut saya contohkan sebuah dokumen HTML sederhana.

<html>
     <head>
          <title>belajar HTML</title>
     </head>
     <body>
          <p>belajar HTML itu mudah</p>
     </body>
</html>

Dari contoh di atas yang belum saya bahas adalah elemen BODY. Elemen ini merupakan tempat dimana Anda mengisi halaman web dan di dalam elemen inilah yang akan ditampilkan pada browser. Untuk mencobanya silakan copy kode diatas ke dalam notepad kemudian simpan dengan nama index.html. Buka file di browser Anda.

Sekian saja posting saya untuk memperkenalkan HTML semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment