Pages

Friday 14 December 2018

Cara Kompres Foto dengan Mudah dan Cepat

Selamat datang di blog pribadi saya. Blog yang berisi berbagai macam tutorial pemrograman maupun software. Mohon maaf sebelumnya jika Anda mencari-cari tutorial baru tentang pemrograman, saya belum posting lagi. Pada kesempatan kali ini saya posting tentang Bagaimana Mengkompres Foto dengan Mudah dan Cepat. Mungkin Anda sering memerlukan foto dengan ukuran kecil atau secukupnya untuk diupload di suatu website,
misalnya untuk foto data diri kampus, atau untuk mendaftar perlombaan. Tetapi biasanya foto yang Anda miliki berukuran cukup besar, di atas 1MB karena berasal langsung dari kamera smartphone atau bahkan kamera DSLR dari jasa foto.
Anda tidak perlu repot, syaratnya hanyalah menggunakan laptop/PC dengan Microsoft Office Picture Manager di dalamnya, ada di daftar software Mircrosoft Office bersama-sama dengan Word, Excel dsb. Saya menggunakan Ms Office 2010, sudah lengkap didalamnya. Jadi bagi Anda yang merasa tidak terlalu paham ‘otak-atik’ komputer tidak masalah, cukup cari pinjaman laptop/pc temen saja yang ada software tadi. Dan cara ini sangat mudah. Berikut langsung saja caranya:

1. Pastinya siapkan dulu gambar yang akan di kompres, coba cek ukuran file foto tersebut dengan cara cukup sorotkan pointerke arah foto.

Mengetahui ukuran file

2. Klik kanan pada foto, pilih Open with... pilih Microsoft Office 2010 (atau seri tahun berapapun yang ada) dengan ikon seperti di screenshoot ini

Tutorial kompres foto

3. Setelah terbuka, pada Menu Bar pilih Picture > Compress Pictures


4. Maka akan terbuka panel di sebelah kanan, yang berisi pilihan kompres gambar dan informasi ukuran file.


5. Pada pilihan kompres gambar, pilih diantara 3 yang ukuran file kompres mendekati ukuran yang Anda butuhkan. Misalkan disini saya pilih Documents, dengan ukuran file awal 4,84MB dan ukuran file kompres 110 KB, sedangkan yang saya butuhkan maksimal 500 KB. Maka ukuran file ini sudah memenuhi. Lalu klik OK.


6. Jika sudah selesai, simpan file foto dengan cara klik File > Save As... dan beri nama baru agar foto lama tetap utuh. Setelah beres, klik Save.



Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, foto Anda dengan nama baru sudah terkompres. Mudah bukan?
Tuliskan pada kolom komentar apabila ada yang mau ditanyakan. Like dan share bila Anda rasa tutorial ini bermanfaat.

jasa desain, desain grafis, desain brosur, bikin brosur murah
Jasa Desain Grafis Jogja

0 comments:

Post a Comment