Pages

Monday 16 October 2017

Perulangan While dan Do-While

While
Struktur while adalah Mengulang statement atau blok statement selama kondisi yang diberikan sesuai (ekspresi bernilai true). Berikut adalah alur Struktur while.

Alur Struktur While
Bentuk Umum while
while (ekspresi_logika) {
  statement . . .
  . . .



Ekspresi dapat berupa sembarang ekspresi conditional yang harus dipenuhi agar pengulangan dilaksanakan. Pernyataan dapat berupa sebuah pernyataan tunggal yang diakhiri dengan titik koma ataupun sebuah block pernyataan yang dimulai dengan kurung kurawal buka dan diakhiri dengan kurawal tutup.
Pengujian ekspresi dilakukan setiap kali sebelum badan pengulangan dilaksanakan, sampai pengujian ekspresi memberikan nilai salah. Selama ekspresi bernilai benar, pernyataan akan dilaksanakan dan ekspresi diuji kembali.

Contoh :
i = 0 ;
while(i < 5) {
    printf("Baris-" + i) ;
    i++ ;
}

Contoh di atas akan mencetak tulisan :
Baris-0
. . .
Baris-4

Contoh lebih detail :
// perulangan tidak diesekusi
i = 1 ;
while(i < 5) {
    printf("Baris-" + i) ;
    i++ ;
}

// perulangan tanpa batas
i = 1 ;
while(i < 5) {
    printf("Baris-" + i) ;
    i--;
}

While digunakan jika perulangan yang kita inginkan dihentikan ketika sudah tidak memenuhi syarat perulangan.

Do-while
C menyediakan satu buah struktur pengulangan lain yang melakukan pengujian terhadap ekspresi setelah selesau melaksanakan badan pengulangan setiap kali selesai iterasi. Dengan perkataan lain, pengujian dilakukan debagian akhir setelah melalui badan pengulangan, sehingga badan pengulangan pernah dilaksanakan, paling sedikit satu kali. Pengulangan tersebut adalah pengulangan do – while. Karena pengujian ekspresi dilakukan setelah iterasi  dilakukan pengulangan do-while ini dikenal sebagai pengulangan syarat keluar(exit condition loop). Bentuk dari do –while adalah : 
Do
Pernyataan;
While(ekspresi);

Umumnya pengulangan do-while  lebih sedikit digunakan dibandingkan dengan perulangan while dan for. Akan tetapi dalam hal-hal tertentu, kadang – kadang lebih cepat jika kita menggunakan do – while, yaitu apabila badan pengulangan hendak dilakukan paling sedikit satu kali. Hal –hal yang tepat unutk keadaan ini adalah : meminta kepada user untuk memberikan kata sandi , memberikan jawaban ya atau tidak apakah perlu pemrosesan ulang dan sebagainya.

Untuk percobannya, berikut saya berikan kasus/soal beserta program dan outputnya.

membuat program yang terus memunculkan form isian setelah input karakter dari keyboard, selama karakter yang diinput bukan huruf ‘X’ besar. Program menggunakan perulangan while dengan syarat input bukan ‘X’. Berikut programnya :

#include <stdio.h>
//pendeklarasian variabel karakter input
char a;

main()
{
//memulai perulangan dengan while
//jika input 'a' selain huruf "X" maka looping terus berlanjut
while(a!='X')
{
printf("\nMasukkan huruf = ");
//form isian
scanf("%s", &a);
}
//ketika looping berakhir akan tampil teks berikut
printf("\nSELESAI");
}

- pendeklarasian variabel "char a;" berarti nilai yang bisa diisikan ke dalam "a" adalah tipe data karakter, dalam percobaan kali ini kita akan memasukkan huruf
- dalam while(a!='X') menunjukkan pembatasan pengulangan ketika kita input karakter huruf 'X' atau lebih jelasnya adalah huruf X besar/kapital
- ketika looping kita selesaikan dengan menginput huruf 'X' maka dibuat muncul teks 'SELESAI' dan selanjutnya kita tidak bisa menginput lagi

Berikut adalah capture ouput programnya:

Output program form isian yang terus berulang sebelum diinput huruf ‘X’ besar.

Sekian tutorial bahasa C mengenai perulangan While dan Do-While dari saya. Untuk contoh yang lain silakan bisa komentar dan jangan sungkan untuk share tutorial ini bila dirasa bermanfaat :)


jasa desain, desain grafis, jasa desain banner, desain brosur murah, bikin banner, cetak brosur, desain logo murah
Jasa Desain Grafis Jogja, portfolio kunjungi https://www.instagram.com/alfaruqmedia/


1 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete