Pages

Friday 5 February 2016

Membuat Anti Form Kosong dengan PHP

Menyambung tutorial sebelumnya yaitu Insert Data ke Database dengan PHP, saya akan membagikan tutorial singkat untuk menghindari form kosong alias form yang tidak diisi oleh user. Hal ini akan berfungsi ketika Anda membuat banyak form, yang mengharuskan user untuk mengisinya, sedangkan kita tidak tahu apakah user benar-benar akan mengisinya atau tidak. Jika tidak diisi dan diklik submit, maka akan muncul peringatan untuk melengkapi form, dan data belum di insert ke database, begitulah singkatnya cara kerja pada tutorial anti form kosong dengan PHP ini. Berikut langsung saja scriptnya.


<?php
include('koneksi.php');
//inisialisasi isi form ke dalam nama variabel
$nama = $_POST['nama'];
$tempat = $_POST['tempat'];

//action
if($nama!= empty) {
$qinsert = mysql_query("INSERT INTO tb_coba VALUES('','$nama','$tempat')");
if($qinsert == TRUE) {
echo "<script>window.alert('Insert data ke database SUKSES'); window.location=('form.html');</script>";
} else {
echo "<script>window.alert('Insert data ke database GAGAL'); window.location=('form.html');</script>";
}
} else {
echo "<script>window.alert('Isikan nama!'); window.location=('form.html');</script>";
}

?>

- menggunakan logika if, untuk mengecek variabel '$nama' kosong atau tidak, jika tidak kosong (dalam logika ini $nama != empty) maka proses insert data ke database dijalankan. Jika tidak memenuhi syarat, maka pada else diketikkan script echo "<script>window.alert('Isikan nama!'); window.location=('form.html');</script>";
- echo berfungsi untuk menampilkan program di dalamnya ke halaman web, dalam program ini yang ditampilkan adalah program java, yaitu diantara tag '<script>...</script>', akan tampil sebuah pop up pada browser.
- window.alert adalah script untuk memunculkan tulisan pada pop up browser.
- window.location adalah script untuk memberikan tombol link agar user tidak bingung ketika muncul pop up harus kemana lagi, maka dalam program ini diarahkan ke halaman form lagi yang nama filenya 'form.html'.

Tentunya proses tersebut perlu form html dan database  nya, maka lihat dulu pada tutorial sebelumnya dengan mengklik link di teks awal tutorial ini. Sekian saja tutorial singkat saya semoga bermanfaat. Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment