Pages

Wednesday 10 February 2016

Pengenalan Bahasa C dan Fungsi Dasar dalam Bahasa C

Pada posting pengenalan bahasa C dan fungsi dasar dalam bahasa C ini saya mencoba berbagi pengalaman mempelajari bahasa C, yang kemudian saya gunakan sebagai dasar pemrograman arduino. Posting kali ini adalah kali pertama saya membahas tentang bahasa C. Berikut simak kontennya.


Pengenalan bahasa C
Bahasa C beserta beserta versi-versi bahasa C banyak dibuat untuk komputer mikro. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti C dan juga C++ sebenarnya tidak dimengerti oleh computer secara langsung. Sebab computer hanya mengenali kode 0 dan 1 (binary digit ). Supaya program dapat dijalankan oleh computer, program tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin (atau biasa disebut kode objek). Proses penerjemahannya dilakukan oleh program yang disebut Translator (penerjemah).
Translator dapat berupa :
Interpreter
Interpreter menerjemahkan instruksi selama program diminta untuk dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut (agar dapat dijalankan oleh computer, mula-mula kode sumber (source code atau program asli yang diitulis olem pemrogram) ditermahkan dulu ke dalam bentuk kode mesin baris perbaris instruksi. Setelah satu baris instruksi tersebut difahami oleh computer, instruksi tersebut dijalankan. Interpreter kemudian kembali memproses baris instruksi berikutnya.
Kompiler
Kompiler menerjemahkan instruksi ke dalam kode objek secara keseluruhan (untuk semua instruksi). Setelah semua instruksi diterjemahkan, instruksi yang dimengerti oleh computer dijalankan. Proses penerjemahan seperti itu disebut kompilasi. Setelah kompilasi berakhir, compiler tidak diperlukan lagi, sebab sesudah kompilasi akan terbentuk program yang dapat dijalankan secara langsung tanpa melalui translator ( executable ).

Struktur Penulisan Program Bahasa C

main()
{
  statement-statement;
}
fungsi_lain()
{
  statement-statement;
}

Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya (subroutine). Fungsi-fungsi yang ada selain fungsi utama (main()) merupakan program-program bagian. Fungsi-fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan di file pustaka (library). Jika fungsi-fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai di suatu program maka nama file judulnya (header file) harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive berupa #include

Fungsi Dasar dalam Bahasa C
1. Fungsi main() - fungsi ini adalah yang terpenting dalam pemrograman bahasa C, karena merupakan titik awal dan titik akhir program.

2. Fungsi pintf() - fungsi ini untuk menampilkan output ke layar, bisa berupa teks yang diketik langsung, isi variabel, maupun array.
contoh 1 : untuk menampilkan teks "Belajar bahasa C" (tanpa tanda petik)
printf("Belajar bahasa C");
contoh 2 : untuk menampilkan data dari sebuah variabel "a" (tanpa tanda petik) yang bertipe integer
printf("%d", a);

3. Fungsi scanf() - digunakan seperti layaknya form input, yang kemudian data input disimpan ke dalam sebuah variabel.
contoh : membuat form input untuk disimpan ke dalam variabel "simpan" (tanpa tanda petik) yang bertipe integer
scanf("%d", &simpan);
- &simpan berarti data disimpan dalam variabel "simpan"

Untuk bisa menjalankan fungsi seperti yang disebutkan diatas, perlu menambahkan library standard dari program bahasa C. Cara menambahkannya seperti yang telah dibahas sedikit di atas, yaitu dengan #include. Kemudian diikuti dengan nama file library nya, yang disebut header. Untuk lebih jelasnya berikut saya contohkan satu program merangkum dari awal posting ini hingga akhir posting.

#include <stdio.h>
int simpan;

main()
{
  printf("Ketikkan angka apa saja : ");
  scanf("%d", &simpan);
  printf("\nData yang tersimpan dalam variabel simpan adalah : %d", simpan);
}

- #include <stdio.h> adalah pemanggilan library standard dari bahasa C yang menyimpan fungsi printf(), scanf(), dll. Nama file library nya adalah stdio.h, yang berarti tanda "<" dan ">" adalah sebagai kurung.
- int simpan adalah membuat variabel/inisialisasi variabel yang diberi nama "simpan", dan hanya akan berisi tipe data integer, yang ditulis dalam program berupa int
- kemudian seluruh program dimasukkan di dalam fungsi main() diantara dua kurung kurawal "{" dan "}"

Mungkin cukup sekian dulu posting saya mengenai bahasa C dan fungsi dasar dalam bahasa C, semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai referensi belajar. Apabila ada kesalahan ataupun pertanyaan silakan ketik di komentar, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment