Pages

Thursday 11 February 2016

Variabel dan Konstanta dalam Bahasa C

Variabel dan konstanta memiliki fungsi sama yaitu untuk menyimpan suatu nilai tertentu yang isinya bisa berubah-ubah sesuai input selama program dijalankan. Inisialisasi Variabel atau pendeklarasian variabel atau pembuatan variabel dalam pemrograman bahasa C, adalah hal yang sangat penting dilakukan pada awal program sebelum mengolah dan menggunakan suatu variabel.
Memang biasanya variabel dibuat/diinisialisasi pada program bagian atas atau awal. Penamaan variabel dalam bahasa C tidak boleh asal, atau ada ketentuannya yang harus diikuti. Jika tidak maka akan terjadi eror ketika proses compile. Langsung saja berikut pembahasannya tentang variabel dalam bahasa C dan konstanta dalam bahasa C.

Variabel
Variabel adalah suatu simbol dalam program yang berfungsi untuk mewakili suatu nilai/menyimpan nilai tertentu yang sifatnya dinamis, dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Dalam pemrograman bahasa C, untuk menggunakan variabel harus mendeklarasikannya terlebih dahulu agar compiler mengenalinya. Bentuk umum untuk mendeklarasikan variabel dalam bahasa c adalah :
tipe_data nama_variabel;

contoh :
int a; /*Mendeklarasikan variabel a yang bertipe integer*/
int b, c; /*Mendeklarasikan variabel b dan c yang bertipe integer*/
char u; /*Mendeklarasikan variabel u yang bertipe char*/

Pada contoh diatas (baris I), variabel a dideklarasikan dengan tipe integer sehingga variabel tersebut (a) hanya dapat menampung nilai dengan tipe data integer. Begitu juga variabel b dan c pada baris kedua yang dideklarasikan dengan tipe integer, kedua variabel tersebut (b dan c) hanya akan menyimpan nilai yang bertipe integer.

Inisialisasi Variabel
Inisialisasi variabel adalah pemberian nilai pada variabel. Inisialisasi variabel dapat langsung dilakukan pada saat proses deklarasi variabel tersebut. Inisialisasi suatu variabel berguna untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Inisialisasi variabel terbagi menjadi dua menurut caranya, yaitu pemberian nilai secara langsung dan pemberian nilai dengan pembacaan input (mengisi nilai dengan piranti masukan). Sintak untuk melakukan inisialisasi variabel secara langsung :
int a = 0; /*melakukan inisialisasi terhadap variabel a dengan nilai 0*/
char u = 'A'; /*melakukan inisialisasi terhadap variabel u dengan nilai A*/

Aturan Penamaan Variabel dalam Bahasa C
Ada beberapa aturan penamaan variabel pada bahasa c, yaitu sebagai berikut :
- Case sensitive, penulisan dengan menggunakan huruf kecil dan besar memiliki arti yang berbeda (merupakan variabel yang berbeda) Contoh :
int a;
int A;
Variabel a dan A merupakan dua variabel yang berbeda.
- Nama variabel tidak boleh menggunakan spasi.
int bilangan bulat; /*Salah karena menggunakan spasi*/
int bilangan_bulat; /*Benar, karena tidak menggunakan spasi*/
- Nama variabel hanya boleh diawali dengan huruf atau garis bawah (tidak boleh diawali dengan angka dan simbol lain) dan selanjutnya boleh diikuti oleh huruf atau garis bawah atau angka (tetapi tidak boleh menggunakan simbol lain dibagian manapun, seperti : @, #, $ dan lain-lain).
int @ngka; /*Salah, karena menggunakan simbol*/
int angk@; /*Salah, karena menggunakan simbol, meskipun berada di belakang*/
int a5gk4; /*Benar, karena diawali dengan huruf dan diikuti angka*/
int _angka; /*Benar, karena diawali dengan garis bawah*/
int 4ngka; /*Salah, karena diawali dengan angka*/
- Panjang variabel max 32 karakter.
int abcdefghijklmnopqrstuvwxyzabcdef;
- Tidak boleh menggunakan keyword yang ada pada library
int for;
int void;

Setelah mengetahui dan memahami aturan penamaan variabel dalam pemrograman bahasa C, berikutnya adalah mengenai konstanta. Seperti yang telah dituliskan pada awal posting, konstanta memiliki fungsi sama dengan variabel yaitu menyimpan suatu nilai tertentu yang isinya bisa berubah-ubah sesuai input selama program dijalankan.

Konstanta
Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta nilainya selalu tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Konstanta dapat bernilai integer, pecahan, karakter dan string. Contoh konstanta : 50; 13; 3.14; 4.50005; ‘A’; ‘Bahasa C’. Selain itu, bahasa C juga menyediakan beberapa karakter khusus yang disebut karakter escape, antara lain :
\a : untuk bunyi bell (alert)
\b : mundur satu spasi (backspace)
\f : ganti halaman (form feed)
\n : ganti baris baru (new line)
\r : ke kolom pertama, baris yang sama (carriage return)
\v : tabulasi vertical
: nilai kosong (null)
\’ : karakter petik tunggal
\” : karakter petik ganda
\\ : karakter garis miring

Konstanta adalah suatu nilai yang tidak berubah selama proses dari program. Misalnya suatu statemen ungkapan sebagai berikut :
Fahrenheit=Celcius*1.8+32;

Celcius dan Fahrenheit adalah variabel yang nilainya dapat berubah selama proses program. Nilai Celcius dapat berubah tergantung dari nilai yang dimasukkan sebagai input data dan nilai Fahrenheit akan berubah tergantung nilai dari Celcius. Nilai 1.8 dan 32 sebaliknya tidak akan pernah berubah di dalam proses program, karena nilai- nilai ini adalah nilai- nilai konstanta.

Cukup sekian dulu posting saya kali ini mengenai variabel dan konstanta dalam bahasa C, semoga bermanfaat bagi Anda selaku pembaca. Jika ada pertanyaan ataupun tanggapan silakan tulis pada komentar, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment